Book Review – Kala Langit Abu – Abu

Kala Langit Abu - Abu
Kala Langit Abu – Abu

Penulis : Pradnya Paramitha

Diterbitkan 2020 oleh PT Gramedia Pustaka Utama – M&C

Sinposis :

Jatuh Cinta pada Langit Aswandru itu mudah. Bahkan sejak pertama kali bertemu, Raira Sore Pambayun sudah menemukan getaran di hatinya.

Awalnya semua terasa sempurna karena langit juga membalas perasaanya. Namun segalanya berubah saat Raira tahu Langit telah menghamili sahabatnya sendiri.

Riara yang patah hati, menyingkir dari kisah cintanya yang usai bahkan sebelum dimulai. Tapi situasi menjadi rumit karena Langit tidak membiarkannya pergi.

Ada rasa yang berbeda ketika buku ini terbit, yaitu rasa haru dan kecewa. Haru karena akhirnya penantian akan terbitnya buku ini terbayarkan, dan kecewa karena biasanya setiap kali karya dari Pradnya terbit sudah menjadi ritual bagi saya untuk mengunjungi toko buku untuk mengambil foto – foto atas buku beliau, namun kondisi saat ini yang masih tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut membuat saya harus puas dengan menuangkan dengan bentuk tulisan.

Review :

Gila!! Itulah kalimat terakhir yang terlintas dipikiran saya ketika selesai membaca buku ini. Word Building penulisnya “jahat” dan bisa menggiring opini sampai saya merasa bingung, kesal, marah, tetapi juga simpati atas tokoh – tokohnya. Sifat asli para tokohnya tidak diperlihatkan langsung di awal tetapi kita harus menembus satu per satu lapisannya untuk mengetahuinya. Semakin mendekati akhir, konfliknya menjadi semakin intense disertai pula dengan sebuah fakta yang tidak terduga.

Buku ini menggunakan sudut pandang Raira, dalam penceritaanya dimana saya bisa merasakan kemiripan sifat saya dengan Raira, yaitu sama – sama impulsif. He..he..he.. Celetukan dalam hati Raira, yang membuat saya tertawa bahkan maupun meringis.

Minta maaf, lebaran masih lama Kak.

Meet our Hero, Langit. Gimana yah mendeskripsikan tentang Langit? Sejujurnya saja kesal dengan sikapnya, yang menurut saya serakah, plin plan dan menganggap semua masalah yang berhubungan dengan dirinya adalah tanggung jawabnya. Langit juga digambarkan sebagai everybody man.

Langit Aswendaru itu nggak punya waktu untuk mikirin dirinya sendiri. Langit selalu tenang dan ekspresinya terkontrol.

Tetapi Langit juga manis dan Loveable, dia ingat hal – hal kecil tentang Raira dan orang pertama yang datang waktu Raira sakit.

Apakah tokoh romansanya hanya Raira dan Langit? Oh tentu tidak, ada juga Bang Yos sang pencuri perhatian, si ‘cowok cantik’ yang bisa membuat perempuan di sekitarnya minder. Interaksi antara Yos dengan Raira juga menghibur.

Tanpa menjawab kalimatku, Yos merogoh saku jaketnya lalu mengeluarkan ponselnya. Sejenak dia mengetik sesuatu di sana. Nggak lama kemudian, kurasakan getaran di ponselku. Mataku seperti mau copot saat kudapati chat dari Yos : Nice info. Thanks.

Di buku ini tidak hanya menceritakan tentang Raira dan Langit saja tapi juga dengan orang – orang di sekitar mereka. Saya penasaran dengan kisah adiknya Raira dan Senja.

Tema yang diangkat pada buku ini menurut saya sangat pas dengan situasi saat ini terutama masalah yang dihadapi oleh Senja. Sering kali kita terjebak dengan sesuatu yang dianggap ‘normal’ tetapi tidak seharusnya dilakukan atau tanpa sadar kita ikut menghakimi.

Karena pertama – tama dia pasti akan ditanya pakaian apa yang dikenakan, jam berapa dia berada di sana, untuk apa dia berada di sana dan pada akhirnya apakah dia menikmati hubungan itu?

Lalu tentang Langit yang menjadi ‘everybody man’ yang selalu menunjukan ekspresi senang, dan bahagia padahal dia juga manusia biasa.

Langit selalu sembunyi saat dia bersedih. Aku benci pribadi Langit yang seperti itu. Bagaimana cara memberitahunya bahwa dia itu juga manusia biasa? Kalau dia berhak sedih, marah dan kecewa? Kalau dia juga berhak menunjukan bahwa dia nggak baik – baik saja? Kalau dia nggak perlu sembunyi untuk menampilkan emosinya ini?

“It’s okay to be not okay, sebuah pengingat untuk diri saya sendiri”

Overall saya suka banget dengan buku ini. Mulai dari perkembangan karakternya, tema yang diangkat, kalimat – kalimat yang quotable, penyelesaian masalah serta ending yang realistis.

Cinta pun harusnya tetap berjarak. Jarak ini adalah penghargaan dan ketulusan sehingga orang yang dicintai tetap dipandang sebagai pribadi yang utuh, dengan segala hak – hak dan kedudukan yang setara. Bukan seperti barang yang kita miliki sehingga apa pun dari dirinya adalah hak kita.

(Visited 564 times, 1 visits today)

243 Comments

  1. Avatar Melisa Adeliah October 30, 2020 at 1:28 am

    Saya juga baru baru belajar review buku, menurut saya review kakak sudah bagus banget, meyakinkan saya untuk semakin penasaran membaca bukunya terlebih reviewnya yang jujur di sertakan unek unek yang tidak di sukai dari seorang tokoh. Menurut udah bagus banget reviewnya, cuman klo saya pribadi menyarankan di tambahkan rating, karna rating penilaian itu sangat bisa mempengaruhi seseorang untuk di jadikan pertimbangan apakah ini membeli bukunya atau nunggu dulu. Ig = @melisa.aa30

    Reply
    1. Sofia Aulia Sofia Aulia - Site Author October 30, 2020 at 3:04 pm

      Ahh betul.. makasih yah sarannya.. salam kenal melisa, sama – sama belajar yuk kita untuk review buku

      Reply
  2. Avatar YULIA PRATIWI October 30, 2020 at 1:45 am

    Suka baca reviewnya kak Sofiaa 😄😄. Baca reviewnya kak Sofiaa membangkitkan ingatan-ingatan aku pas baca Kala Langit Abu-Abu saat masih tayang di Wattpad dengan judul Story of You & Me.

    Hal yang aku suka dari cara kak Sofia menulis review adalah setiap pernyataan kak Sofia disertai dengan kutipan dalam novel yang mendukung pernyataan tersebut, jadi calon pembaca Kala Langit Abu-Abu ini bisa punya gambaran yang jelas mengenai buku Langit ini.

    Semangat nulis review kakk 😄😄

    Tampilan blognya simple dan mudah di akses 👍

    Semoga kali ini beruntung dapat meluk Langit 😄
    Ig : @yuliaprtw__

    Reply
    1. Sofia Aulia Sofia Aulia - Site Author October 31, 2020 at 1:38 am

      Hai yulia lagi..

      Makasih yah atas komennya… Mudah – mudahan aku tambah rajin untuk nulis lagi

      Reply
  3. Avatar Amanda Putri Cinta October 30, 2020 at 2:12 am

    Dari segi alur, karakter dan konfliknya ka sofia tuangkan dengan rapih dan terkesan misterius. Jadi, meningkatkan rasa penasaran calon-calon pembaca novel ini. Termasuk aku juga hehe. Dan aku juga suka tampilan blognya, simple.

    Semangat nulis review-nya ka!

    Ig: @iam.cynta

    Reply
    1. Sofia Aulia Sofia Aulia - Site Author October 31, 2020 at 1:39 am

      Hi Amanda..

      Misterius kayak langit yah?? Hehehe
      Makasih yah komennya

      Reply
  4. Avatar Dilafadilaseohan October 30, 2020 at 2:30 am

    Assalamualaikum, kak Sofia. Perkenalkan saya Fadila.
    Akun IG : dilafadilaseohan8

    Review kakak tentang novel Kala Langit Abu-Abu merupakan satu diantara review yang begitu memantik rasa penasaran saya untuk tahu bagaimana metode pengambilan solusi yang diambil sang penulis mengingat konflik yang menjerat Langit dan jadi membayangkan bahwa novel dengan sampul yang cukup unyu ini menyajikan sesuatu yang berbeda. Juga bagaimana kak Sofia menambahkan kesan yang dirasakan dalam proses sebelum membaca buku ini juga menarik😁🙏 Kedepannya semoga kak Sofia diberi kesempatan untuk terus produktif dalam mereview novel novel keren lainnya😊🙏

    Reply
  5. Avatar Azzah Lathifah October 30, 2020 at 2:32 am

    Seneng banget baca review kak Sofia, mewakili hatikuuuuu dan membangkitkan memori ttg Raira, Langit, Bang Yos dan karakter2 lainnya.
    Memang Raira se WOW itu saat aku mengikuti kisah nya d Wattpad, bener2 mengombang-ambing perasaan aku, dan bikin aku labil utk berpihak… Ha Ha Ha 😂

    Dan Raira se worth it itu utk d baca dan d peluk. Wish me luck untuk meluk Raira dengan kesempatan kedua…

    IG : zah_thifah

    Reply
  6. Avatar Dewi Selvi October 30, 2020 at 3:05 am

    Assalamualaikum kak..kenalin aku Selvi
    Akun IG : vie_anggraeni23
    .
    Seneng akhirnya bisa main ke blognya kak Sofia ini..dan baca review Kala Langit Abu abu ini dengan bahasa yang mudah dinikmati bikin aku jadi makin penasaran sama kisah Langit dan Raira selanjutnya..apalagi di review kak Sofia ada beberapa tokoh yang mendukung cerita ini makin hidup..jadi makin penasaran
    .
    Jadi semoga aku dapat kesempatan buat dapatkan buku ini dan berkenalan dengan Langit juga Raira beserta kawan2nya amiinnn

    Reply
  7. Avatar Cahya abimanyu October 30, 2020 at 5:14 am

    Bismillah
    Assalamualaikum Kak fi,saya Cahya

    Sempet terkejut kakak punya blog seperti ini,bagus banget,kagum saya sama kakak.
    Jadi pengen buat juga.Tapi nggak,baca punya Kak fi aja.

    Eh sebenernya panggilan kak fi siapa,saya nggak tahu.Sejujurnya,saya pengikut baru semenjak give away buku ini yang sebelumnya.Tahu dari snapgram-nya Kak pradnya.Awalnya nggak berniat ikut give away waktu itu,tapi setelah stalk ig kak fi yang ternyata punya banyak buku ini,saya jadi tertarik ikut.

    Sebenarnya,saya juga penasaran karya-karya kak pradnya setelah saya secara random beli novel after wedding,dan saya suka banget.Lalu karena penasaran banget dengan karya lainnya,saya ngeracunin temen saya buat beli karya kak pradnya,judulnya algoritme rasa,dan wow memang karya kak pradnya bagus-bagus.

    Ikutan give away yang kemarin waktu,juga karena penasaran.Tapi ya belum rezeqi aja.Sekarang setelah liat review kak fi yang isinya nggak main-main buat ngracunin saya tentang novel karya kak pradnya yang ini,saya juga tertarik lagi buat ikut give away.Siapa tahu kali ini rezeqi saya.

    Awalnya terkejut Karena kak fi novelnya banyak banget,apalagi yang sejenis juga nggak cuma satu,semata untuk mendukung penulis.

    Review kak fi emang bener-bener racun.Selain tampilannya yang wow,isinya nggak kalah wow.Saya orangnya nggak gampang ke-racun kalau racunnya biasa aja.Isi review padat,tapi jelas.REVIEW TANPA SPOILER itu point plus milik kak fi.Tambah buat penasaran.

    Sepertinya kita sama kak fi,kak pradnya garis keras.Tapi bedanya saya belum bisa beli karya kak pradnya semua,cuma punya satu.Satu lagi bisa baca tapi pinjam.Ya kalau ini rezeqi saya,berarti bisa baca tiga.

    Ini panjang banget,jatuhnya malah curhat.Maaf Kak fi,hehe.

    Oh iya,instagram saya @cah.yaabimanyu

    Wassalamualaikum.

    Reply
  8. Avatar Cut Maqfirah October 30, 2020 at 5:39 am

    Haloo Kak Sofi, kali pertama nih aku berkunjung ke blogmu berkat Raira dan Langit. Btw, tampilan blogmu cakepp euyy! Hihi

    Ahiya tentang ulasan Langit dan Raira aku suka banget tau bagaimana caramu mendeskripsikan kisah mereka. Dulu pas awal-awal aku baca di wattpad aku sempat di buat kesel juga oleh Langit yang seolah semua masalah harus dia yang tanggung. Duhh makan hati bangettt! Well, aku penasaran sama kelanjutan jabatan tangan antara Langit dan Raira nih makanya aku ingin baca versi bukunya hehehe.

    Ohh, aku tetap tim langit walau kehadiran Bang Yos bikin hatiku ketar ketir lhoo haha

    Ig: antaaress_

    Reply
  9. Avatar Damay fitria oktadira October 30, 2020 at 7:06 am

    Perkenalkan ka sofia namaku damay

    Ig: @damay_2410

    Ini pertama kali aku berkunjung ke blogmu loh berkat langit dan raira dan baca review dari kaka itu menyenangkan terutama karena kaka mengemas review ini dengan bahasa yang apik dan mudah dipahami sehingga pembaca akan terus merasa enjoy dan penasaran dengan apa yang di review oleh ka sofia. Dari segi alur, karakter dan konfliknya ka Sofia tuangkan dengan rapih dan terkesan misterius. Jadi, meningkatkan rasa penasaran pada si pembaca

    Btw aku suka sama tampilan blogmu kak, simple dan mudah di akses

    Reply
  10. Avatar Fitria October 30, 2020 at 7:22 am

    Assallamuallaikum
    Hallo perkenalkan nama saya fitria

    Ig: @princessputri_0708

    Seneng karena ini pertama kali bisa main ke blognya kak Sofia ini dan baca review dari kaka, dari review yang kaka kasih saya jadi penasaran dengan buku Kala Langit Abu Abu because cara kaka yang ngedeskripsiin cerita ini tuh ‘WOW’ banget sangat simple dan mudah di pahami, karakter cerita yang kaka deskripsiin itu hidup banget dan yang paling aku suka itu kaka merieview tanpa spoiler, kaka gak bocorin keseluruhan cerita ini intinya rivewnya Topp banget deh sukses selalu ka

    Reply
  11. Avatar Zanu October 30, 2020 at 7:37 am

    Aku pengen banget bisa ngerieview buku cuma emang gak bakat hhe, menurutku review kakak sudah bagus banget, meyakinkan seorang calon pembaca untuk semakin penasaran membaca bukunya terlebih reviewnya dikemas secara rapih dan apik bahasanya ringan serta mudah dipahami terutama untuk kalangan muda yang tidak suka membaca .Review ka sofia ini bener bener bikin si pembaca ketagihan selain tampilannya yang unik,isinya nggak kalah wow. Isi review padat,tapi jelas. Sehingga pembaca review buku ‘Kala Langit Abu-Abu’ ini berpikir memang se worth it itu ya untuk di baca? Segini aja sih thnks guys

    Ig: @semburathati_

    Reply
  12. Avatar Wiwi Astianti October 30, 2020 at 9:33 am

    Gara gara story IG Pradnya Paramitha, baru tau ternyata orang yg tiap hari liat angka, bisa juga merangkai kata, even “hanya” review….hehehe…
    Sempet baca Kala Langit Abu abu pas di upload di WP, dan gemes bngt sama tiara krn naifnya dia (maaf saya bilangnya naif, bukan be**, kan tiara masih muda ya, jd wajar jalan pikirannya masih kaya gt)…
    Dan suka sm review nya Mba Sofia (gpp kan dipanggil mba…)
    Gak “ngasih tau” kejutannya tapi bikin penasaran pgn baca….
    Menurutku itu TOP banget, thank you…

    Ig: wiwiastianti

    Reply
  13. Avatar Diyas Asakyo October 30, 2020 at 9:41 am

    Aku tuh tipe orang yang suka banget bacain review” sebelum beli barang selain karna penasaran aku juga jadi tau gimana sih penilaian orang ke barang yang mau aku beli? Jujur aku salah satu pecinta novel, pengen ngoleksi cma budget tak mendukung hhe, udh deh skip nah yang aku baca darii reviewnya ka sofia ini tuh keren bgtt isinya menggambarkan banget dari si buku ‘Kala Langit Abu-Abu’ ini isinya gak terlalu banyak menye-menye istilah gaulnya to the point Ka Sofia seolah menceritakan secara singkat Tanpa Spoiler itu poin pentingnya cuman menurutku kalau bisa tambahin komentar pembaca atau ratting karna pembeli juga akan lebih yakan

    Instagram: @doraemon_0142

    Reply
  14. Avatar Damay fitria oktadira October 30, 2020 at 10:37 am

    Review kakak kali ini tentang novel ‘Kala Langit Abu-Abu’ merupakan satu diantara review yang begitu memantik rasa penasaran aku untuk tahu bagaimana alur kisah yang dibuat oleh si penulis kaka juga meyakinkan si pembaca review ini. Seakan kaka memiliki magnet yang cukup kuat untuk menarik perhatian si pembaca ini, ka shofia juga menambahkan kesan saat sedang membaca buku ini sendiri. Menjelaskan banyak ekspresi serta emosi yang disertakan saat sedang membaca buku ini buat kedepannya sukses terus ka

    Ig: @Damayyftriaa_

    Reply
  15. Avatar Ispa Rimadanti October 30, 2020 at 11:21 am

    Aku suka cara kamu ngereview buku ‘Kala Langit Abu-Abu’ buat aku yang memang belum baca buku ini jadi semakin penasaran. Cara kamu menarasikan bikin aku tertarik dan berimajinasi gimana karakter para tokoh dalam buku ini tanpa menciptakan spoiler. Kamu juga secara detil menjelaskan alasan kamu suka dengan buku ini.

    Instagram: @iisrimadanti20

    Reply
  16. Avatar Pupung October 30, 2020 at 12:11 pm

    Gara-gara story ig katapradnya dan group pramyths saya tau blog Sofia aulia, cara Mereview buku langit dan raira bagus bikin kita pengen baca bukunya, tidak pabeulit alias ngga kemana2 saking penasaran gimana akhir kisah cinta Raira dan langit apa happy ending atau sad ending, boleh koreksi yang hamil bukan sahabat Raira tapi sahabat langit, ditunggu review buku lainnya semangat!!!!
    Ig: Pupung_raissaraffan

    Reply
  17. Avatar Rahmatul Maulidar October 30, 2020 at 2:04 pm

    Hai, Kak Sofia 🙂

    Reviewnya semakin membuat ingin membacanya yuhu. Oiya kak, kayaknya sedikit penambahan rating, lessons yang bisa dipetik, dan novel ini bisa direkomendasikan untuk siapa reviewnya akan jadi lebih lengkap deh Kak. Review komplit. Selebihnya, review Kak Sofia mantap, ngga spoiler dan bikin penasaran untuk dibaca. Love it!

    Btw, sepertinya ada typo penulisan nama di paragraf ketiga ya, kak? Nama Raira tertulis Riara. Ya ngga kak?

    Salam kenal, Kak Sofia!
    Ig: rahmatulmaulidar

    Reply
  18. Avatar Selfiani October 30, 2020 at 2:18 pm

    Hai, assalamu alaikum Kak, nama saya Selfiani dengan akun Instagram @self.literary

    Ini pertama kalinya aku tahu blog dan Instagram kakak loh, aku tahunya dari story Instagram @katapradnya. Seneng banget bisa berkunjung di blog ini, tampilannya keren banget, simple tapi elegant gitu😍.

    Oke dari review-nya Kakak cukup membuatku penasaran, mulai dari segi pernyataan, segi penokohan yang dilengkapi dengan kutipan, dan yang poin pentingnya nggak spoiler, tapi bikin penasaran, asli review ini meracuniku.

    Untuk sarannya sih Kak dari aku pribadi tidak ada, ini sudah keren. Btw, terima kasih karena dari sini aku bisa dapat inspirasi cara review buku yang keren🙏.
    Wassalamu alaikum

    Reply
  19. Avatar Dafioo October 30, 2020 at 4:44 pm

    Hai ka sofia🙃

    Menurutku rivew dari kaka berhasil membuatku penasaran. Bagaimana rasanya saat membaca buku ‘Kala Langit Abu Abu’ karna saat kaka mendeskripsikan buku ini. Kaka punya cara tersendiri mereview buku ini dengan cara yang menurutku cukup unik dan menarik. Mulai dari pernyataan dan kaka menuangkan segala macam rasa ekspresi dan emosi ketika membaca si buku ini tersebut sehingga para pembaca review merasa sangat penasaran dengan apa yang dikatan oleh kak sofia itu “emang bener ya buku ini tuh se worth it itu?” Mungkin sebagian akan berfikir seperti itu terus saran ku bisa tambahin apa yang bisa diambil dari buku tersebut buat selebihnya gaada sih kak udh keren bangtt suksess terus

    Ig : @Dafioo_frwp

    Reply
  20. Avatar Hasri Ainun October 31, 2020 at 12:35 am

    Setelah membaca review ini, aku semakin ingin baca bukunya dan merasa sayang jika dilewatkan. Apalagi ini karya penulis favoritku. Baik tokoh hingga alur cerita mampu dijelaskan kak Sofia tanpa harus ada spoiler jadi cukup membuat penasaran dan buru-buru ingin segera baca agar terjawab penasarannya. Sebagai saran, bisa ditambahkan perbandingan cerita ini dengan cerita lain di genre sama atau bahkan lebih baik dari penulis yang sama, yang bisa menunjukkan perbedaan cerita ini dibanding lainnya. Menunjukkan keunggulan dari cerita ini untuk mempertegas buku ini sangat direkomendasikan.

    Ig: @eyesnap17

    Reply
  21. Avatar Meisy Amelia Nurahmah October 31, 2020 at 12:50 am

    Menurut saya, overall bagus reviewnya. Saya sendiri sudah membaca Novel Kala Langit Abu-abu di wattpad. Dan saya termasuk fans kak Pradnya. Menurut saya, dibagian highlight kurang di bold jadi kurang menonjol. Dan juga saya kurang mendapat gambaran tentang sifat langit. But saya tau Langit baik dan plot twist sekali hehe. Itu saja kak, semangat kakak udah bagus reviewnya. Meyakinkan banget buat beli hihi.
    Ig: @cloyludeargasm

    Reply
    1. Avatar Meisy Amelia Nurahmah October 31, 2020 at 12:51 am

      Menurut saya, overall bagus reviewnya. Saya sendiri sudah membaca Novel Kala Langit Abu-abu di wattpad. Dan saya termasuk fans kak Pradnya. Menurut saya, dibagian highlight kurang di bold jadi kurang menonjol. Dan juga saya kurang mendapat gambaran tentang sifat langit. But saya tau Langit baik dan plot twist sekali hehe. Itu saja kak, semangat kakak udah bagus reviewnya. Meyakinkan banget buat beli hihi.
      Ig: @cloudeargasm

      Reply
  22. Avatar Atika October 31, 2020 at 1:38 am

    Haloo, Kak Sofiaulia

    Sebenarnya aku baru belajar Review sih jadi gak bisa terlalu ngomen ini itu. Reviewnya udah bagus ungkapan bagaimana setelah membaca buku ini buat saya pengin baca juga, buku kak Pradnya yang pernah aku baca itu “Better Than This” tapi aku belum menemukan identitas bukunya? alangkah bagusnya ditambah identitas buku Kak, aku kalo mau baca buku liat identitasnya dulu soalnya penasaran siapa dibalik pembuatan buku ini. Sama ini kutipannya di kasi halaman keberapa biar kalo baca bukunya bisa langsung lompat liat kutipannya dulu😁

    Ig: @aksaratika

    Reply
  23. Avatar private mortgage December 22, 2023 at 10:49 pm

    Conventional mortgages require 20% down payments to avoid costly CMHC
    insurance charges. Fixed rate mortgages provide stability
    but normally have higher rates of interest than shorter term variable
    products. Accelerated biweekly or weekly home loan repayments
    can substantially shorten amortization periods faster than monthly.

    My web page private mortgage

    Reply
  24. Avatar best private mortgage lenders in BC December 23, 2023 at 6:37 pm

    The best private mortgage lenders in BC stress
    test requires proving capacity to generate payments if rates of interest rise or income changes to qualify for both insured and quite a
    few uninsured mortgages in Canada since 2018. The mortgage blend
    describes optimal ratio between interest versus principle paid down each installment
    over amortization recognizing interest front-end drops equity accelerates with time.
    First-time homeowners should research all settlement costs like land transfer
    taxes and hips.

    Reply
  25. Avatar Etransfer Loans December 27, 2023 at 7:03 am

    Which cash advance companies offer guaranteed instant funding in Canada without refusal policies no collateral
    required for qualified borrowers needing emergency loans?
    How can I get guaranteed approval for instant bad credit loans in Canada it doesn’t matter my history – top
    direct lenders have a look at more than your
    credit history when making quick cash loan decisions 24/7.
    Qualified applicants get comfort with guaranteed approvals on emergency expense loans from Canada’s responsive 24/7 online lenders.

    Reply
  26. Avatar Mortgage Broker Vancouver BC January 12, 2024 at 9:03 am

    First-time buyers should research available rebates, tax credits and incentives before house shopping.
    Fixed rate mortgages provide stability but normally have higher interest rates than shorter term variable
    products.

    Feel free to visit my web site: Mortgage Broker Vancouver BC

    Reply
  27. Avatar Monthly Mortgage Payment Calculator January 22, 2024 at 8:24 pm

    Deferred mortgages do not require principal payments initially, reducing costs for
    variable income borrowers. The maximum amortization period
    has gradually declined from 4 decades prior to
    2008 down to 25 years or so now. Fixed rate mortgages provide stability but
    reduce flexibility compared to adjustable rate mortgages.

    Feel free to visit my site :: Monthly Mortgage Payment Calculator

    Reply
  28. Avatar instant payday loans canada February 5, 2024 at 12:31 pm

    This was better than any manual! Thank you for creating such
    reachable instructive material.

    Reply
  29. Avatar puravive reviews February 22, 2024 at 12:22 am

    Fantastic beat I would like to apprentice while you amend your web site how could i subscribe for a blog site The account helped me a acceptable deal I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear concept

    Reply
  30. Avatar aeroslim February 23, 2024 at 8:28 am

    I do not even know how I ended up here but I thought this post was great I dont know who you are but definitely youre going to a famous blogger if you arent already Cheers

    Reply
  31. Avatar Fitspresso March 5, 2024 at 4:19 am

    Hi my family member I want to say that this post is awesome nice written and come with approximately all significant infos I would like to peer extra posts like this

    Reply
  32. Avatar ein binance Konto er"offnen March 12, 2024 at 9:08 pm

    I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article.

    Reply
  33. Avatar Wctrxm March 23, 2024 at 11:38 pm

    buy generic furosemide for sale – oral coumadin buy generic captopril 25 mg

    Reply
  34. Avatar alpilean March 24, 2024 at 7:31 pm

    Keep up the fantastic work!

    Reply
  35. Avatar ikaria lean belly juice March 26, 2024 at 1:54 am

    Your writing is so refreshing and authentic It’s like having a conversation with a good friend Thank you for opening up and sharing your heart with us

    Reply
  36. Avatar Ivrbxp March 27, 2024 at 6:37 am

    retrovir 300 mg ca – buy generic allopurinol

    Reply
  37. Avatar расследование qiwi March 28, 2024 at 4:41 pm

    Your trust in us is our number one concern. Therefore, we work with complete honesty
    and commitment to your satisfaction.

    Experience the relief of seeing your funds returned with our professional help.

    Reply
  38. Avatar ikaria juice March 29, 2024 at 12:30 pm

    I appreciate how this blog promotes self-love and self-care It’s important to prioritize our well-being and your blog reminds me of that

    Reply
  39. Avatar Pers"onliches Konto erstellen April 5, 2024 at 9:37 pm

    I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article.

    Reply
  40. Avatar opa9od April 28, 2024 at 12:55 am

    体验Telegram中文版,享受全面的即时通讯服务。端到端加密保障您的沟通安全,支持大文件分享和云存储功能,让跨设备通信变得无缝而高效。立即下载,开启高效的沟通体验。Experience Telegram Chinese Version for comprehensive instant messaging services. End-to-end encryption ensures secure communication, while support for large file sharing and cloud storage makes cross-device communication seamless and efficient. Download now for an enhanced communication experience.https://www.telegram-apk.com
    2ys0hddjhu

    Reply
  41. Avatar anal riding till we both cream May 1, 2024 at 12:24 am

    Our expertise in e-wallets and online transactions means we’re ideally suited
    to tackle your QIWI wallet issues.
    Be assured, we employ state-of-the-art techniques and keep up with
    the latest fraud prevention strategies.

    For those who’ve been victimized by unauthorized transactions or
    technical glitches that led to a loss of funds, our team is ready
    to assist.

    Reply
  42. Avatar the college girl gave herself in the villa in the anal and pussy in the pool May 1, 2024 at 1:39 pm

    Our knowledge in e-wallets and online transactions means we’re ideally suited to tackle your QIWI wallet issues.

    Rest assured, we use advanced techniques and
    are well-versed in the latest fraud prevention strategies.

    If you’ve been affected by unauthorized transactions or technical glitches that led to a loss of funds, we’re here to help.

    Reply
  43. Avatar 124mty May 4, 2024 at 12:23 am

    Get Telegram now and connect with friends and family with top-notch security and speed. Telegram offers end-to-end encryption for your privacy.立即获取Telegram,与朋友和家人保持联系,享受顶级安全和速度。Telegram为您的隐私提供端到端加密。https://www.telegramjq.com
    994lmqubv8

    Reply
  44. Avatar сучка трахает свой анал May 6, 2024 at 11:44 am

    Worried about your QIWI wallet transactions?

    Let us be your guide in recovering what isrightfully yours.
    Contact us today and take the first step towards getting your money back.

    Reply
  45. Avatar сквирт киски от дрочки анала пальцами May 6, 2024 at 9:16 pm

    Reclaiming your money shouldn’t be troublesome. That’s why
    our process is straightforward and transparent.
    You just need to supply your transaction details, and we’ll manage everything else.

    Don’t let a simple mistake prevent you from your hard-earned money.
    Our goal is to ensure the return of every penny.

    Reply
  46. Avatar моя бывшая очень любит анальный секс May 7, 2024 at 12:03 am

    Unexpectedly lost your balance on your QIWI wallet?
    We know how stressful that can be.

    Don’t despair—our team specializes in retrieving your balance from QIWI
    wallets.
    With years of experience, we’re confident we can assist you.

    Reach out to us and let’s begin of restoring your balance.

    Reply
  47. Avatar tlover tonet May 7, 2024 at 7:07 am

    obviously like your web-site but you have to check the spelling on quite a few of your posts. Many of them are rife with spelling problems and I find it very troublesome to tell the truth nevertheless I will certainly come back again.

    Reply
  48. Avatar group sex May 7, 2024 at 11:18 am

    Recovering your lost funds shouldn’t be troublesome.
    That’s why our process is straightforward and clear.

    Simply give us some basic information, and we’ll manage everything else.

    Don’t allow technical problems prevent you from your savings.
    We’re committed to assist you in reclaiming every cent.

    Reply
  49. Avatar 992f63 May 8, 2024 at 12:06 am

    Unlock the full potential of your digital assets with imToken. Fast, secure, and user-friendly – the ultimate crypto wallet. | 用imToken释放您数字资产的全部潜力。快速、安全、用户友好——终极加密钱包。https://www.imtokeno.com
    k38f67y7ay

    Reply
  50. Avatar evil creampies compilation - the best anal & pussy creampies - evilangel May 8, 2024 at 1:04 pm

    Have you lost money on your QIWI wallet?
    We understand how disheartening that can be.

    Stay calm—our company specializes in getting back lost funds from QIWI
    wallets.
    Having a high success rate, we’re positive we can provide assistance.

    Get in touch and let’s get to work of getting your
    money back.

    Reply
  51. Avatar молодой парень стоя раком у себя на кухне демонстрирует свою зияющую большую анальную дыру и пролапс May 8, 2024 at 1:55 pm

    Retrieving your lost funds shouldn’t be troublesome.
    That’s why our methodology is user-friendly and transparent.

    Simply give us the necessary details, and we’ll handle
    the rest.

    Don’t let fraudsters prevent you from your funds. Our goal is to help you recover every
    penny.

    Reply
  52. Avatar online cialis May 9, 2024 at 9:55 pm

    Retrieving your money shouldn’t be complicated.
    That’s why our methodology is straightforward and clear.

    You just need to supply your transaction details, and we’ll take care
    of everything else.

    Don’t allow fraudsters keep you from your hard-earned money.

    It’s our mission to help you recover every penny.

    Reply
  53. Avatar psyxyou May 16, 2024 at 12:22 pm

    Ars vitae — Искусство жизни

    Reply
  54. Avatar mozglolo May 16, 2024 at 6:03 pm

    Ad gloriam — Во славу.

    Reply
  55. Avatar B17-psy May 17, 2024 at 8:28 am

    Aeternum vale — Прости навеки

    Reply
  56. Avatar Zigmund May 17, 2024 at 10:28 am

    Contradictio simptomatum — мед. Противоречивость в симптомах.

    Reply
  57. Avatar Alter May 17, 2024 at 11:25 am

    Concordet sermo cum vita — Пусть речь соответствует жизни.

    Reply
  58. Avatar psychologist-online May 17, 2024 at 12:23 pm

    Ad discendum, non ad docendum — Для изучения, но не для поучения.

    Reply
  59. Avatar psikhologonlayn May 17, 2024 at 1:39 pm

    A casu ad casum — От случая к случаю.

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *